Tips Trik Backpacker Ke Karimunjawa Dari Jakarta

Tips Trik Backpacker Ke Karimunjawa Dari Jakarta – Karimunjawa merupakan salah satu objek wisata pantai yang dimiliki oleh Jawa Tengah. Untuk raih pulau ini, anda harus ke Semarang atau Jepara lebih-lebih dahulu. Setelah tiba di Jepara, anda harus menyebrang gunakan kapal ferry atau express. Jika anda gunakan kapal ferry, anda akan menempuh perjalanan selama tidak cukup lebih 5 jam. Beda halnya jikalau gunakan kapal express, anda cuma perlu 2 jam perjalanan untuk tiba di pulau ini. Admin akan menceritakan pengalamannya di dalam jalankan perjalanan ke Karimunjawa ala backpacker. Kami berangkat berenam dari Jakarta, tetapi keseluruhan peserta yang akan menuju ke Karimunjawa ada 14 orang. Hal ini menopang kami sebab semua biaya mampu sharing cost.

Perjalanan di mulai dari Jakarta menuju Karimunjawa gunakan kereta Ekonomi dengan tujuan Stasiun Poncol, Semarang. Harga tiket yang kami dapatkan cuma Rp.65,000. Setelah tiba di Semarang, kami melanjutkan perjalanan dengan menyewa mobil Avanza menuju Jepara dengan harga Rp.400,000. Cara ini kami memilih untuk mengefektifkan pas kami yang harus ganti ganti terminal menuju Jepara. Kami memilih menginap satu malam di Jepara sambil tunggu anggota lainnya yang belum tiba sebab memang meeting point kami di Jepara. Untuk sewa Homestay sendiri Rp.80,000 per malam per kamar. Semua biaya kami bagi rata biarpun kami cuma tempati kamar itu berdua dengan kawan cewek ku.

Setelah semua peserta berkumpul semua, kami selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju Karimunjawa gunakan kapal Ferry Siginjai yang berangkat pukul 09.00 pagi. Setibanya di Karimunjawa, kami disambut oleh jemputan menuju homestay yang telah kami sewa. Setelah bebersih, kami pun lanjut makan siang dan diajak ke spot pertama untuk hunting sunset yang tidak amat jauh dari homestay. Untungnya kami memperoleh homestay yang berada di tepi pantai sehingga menambah pengalaman indah liburan kami. Makan malam pertama kami adakan di alun alun Karimunjawa. Ini sebab kami amat penasaran dengan situasi malam di alun alun. Dan benar saja, banyak wisatawan menjadi dari bule sampai wisatawan lokal tumpah ruah makan malam di alun alun. Tidak mengherankan sebab kami mampu memilih banyak makanan di area ini, semua nya didominasi oleh makanan seafood paket wisata karimunjawa .

Keesokan harinya kami pun memulai petualangan kami. Berikut itenerary nya :

Hari 2 :

Rombongan kami memulai kegiatan jam 8 pagi ke penangkaran hiu, cuma perlu pas 30 menit untuk tiba di area ini. Untuk masuk ke penagkaran ikan hiu biaya masuknya 25 ribu/orang. 10 ribu untuk uang masuk dan berenang nya 15 ribu. Jika menghendaki foto serupa ikan hiu nya bayar 3 ribu. Kemudian sehabis dari itu kami menuju area snorkeling kami yang pertama dan bernama Menjangan Kecil, perlu pas 30 menit. Nah, area yang menjadi penangkaran hiu itu disebut Menjangan besar. Setelah snorkeling di Menjangan kecil sampai tidak cukup lebih 1 jam, kami beranjak menuju Cemara kecil untuk makan siang dan memakan pas 1 jam untuk ke area ini. Dari cemara kecil lanjut snorkeling kembali ke gosong dengan menggunakan 15 menit untuk mencapainya. Dan sehabis seharian snorkeling kami berhenti di tanjung gosong untuk nikmati sunset yang amat indah.

Hari 3 : Snorkeling Again

Hari ke-2 kami bingung untuk jalankan kegiatan snorkeling atau wisata darat. Tapi sebab banyak yang menghendaki untuk wisata full darat selama di Karimunjawa, maka kamipun memutuskan untuk tetap snorkeling cocok dengan plan awal. Akhirnya kami pun menjadi snorkeling ke spot pertama yaitu ke Menjangan Kecil. Spot di sini cukup indah, tetapi kami tidak lama snorkeling di area ini sebab arusnya cukup kencang pas itu.  Setelah bahagia di area itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Gelayang untuk istirahat dan makan siang. Pulaunya cukup indah, pasir putih dan warna lautnya hijau toscha. Di area ini kami kebetulan memperoleh hiburan gratis dari pemuda pulau yang hobi sekali joged dan kemana mana membawa tape nya. Sontaklah kawan kawan yang selesai makan siang berhimpun dengan pemuda itu untuk seru seruan joged bareng. Puas berfoto foto dan makan siang di pulau ini, kami melanjutkan perjalanan menuju pulau Gosong, Cemara untuk lanjut snorkeling. Setelah bahagia snorkeling, kami pun kembali ke penginapan, istirahat, dan makan malam di alun alun untuk paling akhir kalinya.

Hari 4 : Tour Berakhir

Pagi pagi buta kami harus checkout penginapan sebab hari itu merupakan hari paling akhir kami luburan di Karimunjawa. Rasanya sangkat singkat, tetapi tak apalah dengan sedikit pas berikut aku telah mampu memperoleh pengalaman yang luar biasa dengan nikmati keindahan Karimunjawa dan juga mendapat berkenalan dengan 13 kawan lainnya yang berasal dari beragam pulau di Indonesia. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan. Kami menuju pelabuhan dengan dua mobil. Mobil kami cuma berisi sebagian orang dan terpisah dengan rombongan lainnya. Tapi sebelum kami menuju pelabuhan, sopir mobil mengantar kami ke spot wisata baru yaitu bukit Cinta. Kenapa dinamakan bukit Cinta ? ini sebab di bukit ini terkandung postingan Love yang amat besar. Di postingan ini lah kami pus berpose dengan beragam gaya. Setelah puas, kami melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan dan kembali ke kota masing masing.

Untuk biaya perjalanan yang kami habiskan selama 4 hari 3 malam di Karimunjawa mampu dilihat detailnya di bawah ini :

Sharecost Karimun Jawa by SC14

kami terdiri dari 14 peserta. Jadi semua sharecost di bawah ini dibagi 14 orang. Jika peserta nya yang ikut lebih banyak pasti mampu lebih murah. Tapi kapal yang kami sewa memang cuma mampu berisi maksimal 15 peserta. Jadi jikalau anda lebih dari 15 peserta, anda mampu menyewa kapal lain yang lebih besar atau tetap menyewa kapal itu tetapi disempurnakan kapal lainnya.

1. Tiket kapal PP Ferry Siginjai @ 55.000                        Rp.1.540.000

2. Sewa boat hoping Island 2 hari @ 500.000                   Rp.1.000.000

3. Homestay @ 40.000 x 3 malam x 14 orang                   Rp.1.680.000

4. Makan di Homestay

- Sore    14 orang x 17.000                                                Rp.238.000

- Siang   14 orang x 17.000                                               Rp.238.000

- Malam 14 orang x 10.000                                               Rp.140.000

5. Biaya Sandar 2 Pulau                                                     Rp.70.000

6.Sewa pick up ke alun alun

- Malam pertama                                                               Rp.80.000

- Malam ke-2                                                                  Rp.100.000

7. Antar jemput pelabuhan

- Malam pertama                                                               Rp.200.000

- Malam ke-2                                                                  Rp.200.000

8.Masuk penangkaran Hiu @ 10.000 x 14 orang              Rp.140.000

9. Air minum aqua gelas                                                    Rp.85.000

10. Nasi bungkus untuk sarapan @ 4000 x 10                   Rp.40.000

11. Tips Guide

- Hari Pertama                                                                   Rp.40.000

- Hari Kedua                                                                      Rp.115.000

- Hari Ketiga                                                                      Rp.70.000

12. Aqua 2 botol                                                                 Rp.12.000

13. Kaki katak siluman                                                       Rp.10.000